Gejala dan Faktor Penyebab Kanker yang Sering Diabaikan

tanda dan gejala kankerSetiap orang di dunia pasti tahu tentang penyakit ini, bagaimana tidak? Kanker adalah salah satu penyakit penyebab kematian nomer satu di dunia. Penyakit kanker sendiri mengacu pada salah satu dari sejumlah besar penyakit yang ditandai dengan perkembangan sel-sel abnormal yang membelah tak terkendali dan memiliki kemampuan untuk menyusup dan menghancurkan jaringan tubuh yang normal. Jika dibiarkan lama-kelamaan maka kanker akan menyebar ke seluruh tubuh Anda.

Di Amerika serikat sendiri kanker sudah sangat meresahkan karena disana kanker menjadi pembunuh mematikan kedua setelah penyakit jantung. Oleh sebab itu Anda harus mengetahui tanda dan gejala kanker sebelum terlambat. Yang menjadi penyebab kanker sendiri bervariasi tergantung pada bagian tubuh mana yang terkena. Berikut adalah gejala atau tanda-tanda penyakit kanker yang paling umum di jumpai.

•    Kelelahan
•    Benjolan atau penebalan yang bisa dirasakan di area bawah kulit
•    Perubahan berat badan secara signifikan
•    Perubahan warna kulit, seperti menguning, gelap atau kemerahan pada kulit, luka yang tidak akan sembuh, atau perubahan tahi lalat yang ada
•    Perubahan abnormal pada usus atau kandung kemih
•    Batuk terus-menerus
•    Kesulitan menelan makanan
•    Suara serak
•    Pencernaan persisten atau ketidaknyamanan setelah makan
•    Persistent otot yang tidak dapat dijelaskan atau nyeri sendi
•    Persistent demam yang tidak dapat dijelaskan atau berkeringat di malam hari

Kanker ini disebabkan oleh perubahan (mutasi) pada DNA dalam sel. DNA dalam sel berisi satu set instruksi memberitahu sel bagaimana untuk tumbuh dan membelah. Kesalahan dalam pembelahan akan memungkinkan sel untuk menjadi kanker.

Apa yang mutasi gen lakukan?
Sebuah mutasi gen dapat menginstruksikan sel sehat untuk:

•    Memungkinkan pertumbuhan yang cepat. Sebuah mutasi gen dapat memberitahu sel untuk tumbuh dan membelah lebih cepat. Hal ini menciptakan banyak sel-sel baru yang semua memiliki mutasi yang sama.
•    Gagal untuk menghentikan pertumbuhan sel yang tidak terkendali. Sel-sel normal tahu kapan harus berhenti tumbuh, sehingga Anda memiliki jumlah yang tepat dari setiap jenis sel. Sel-sel kanker kehilangan kontrol (gen supresor tumor) yang memberitahu mereka kapan harus berhenti tumbuh. Sebuah mutasi dalam gen supresor tumor memungkinkan sel-sel kanker untuk terus tumbuh dan mengumpul.
•    Membuat kesalahan ketika memperbaiki kesalahan DNA. Gen perbaikan DNA mencari kesalahan dalam DNA sel dan melakukan koreksi. Sebuah mutasi dalam gen perbaikan DNA dapat berarti bahwa kesalahan lain tidak dikoreksi, sel yang mengarah menjadi kanker.

Mutasi ini adalah yang paling umum ditemukan pada kanker. Tetapi banyak mutasi gen lain dapat berkontribusi untuk menyebabkan kanker.

Apa yang menyebabkan mutasi gen?
Mutasi gen dapat terjadi karena beberapa alasan, misalnya:

•    Mutasi gen Anda Saat lahir. Anda mungkin dilahirkan dengan mutasi genetik yang diwariskan dari orang tua Anda. Jenis mutasi rekening untuk persentase kecil dari kanker.
•    Mutasi gen yang terjadi setelah lahir. Kebanyakan mutasi gen terjadi setelah Anda lahir dan tidak diwariskan. Beberapa gaya hidup bisa menyebabkan mutasi gen, seperti merokok, radiasi, virus, bahan kimia penyebab kanker (karsinogen), obesitas, hormon, peradangan kronis dan kurang olahraga.

Tidak jelas berapa banyak mutasi yang harus menyatu untuk bisa menjadikan sel kanker terbentuk. Kemungkinan berfariasi tergantung jenis kanker itu sendiri.

Faktor Penyebab Kanker

Usia Anda
Kanker bisa membutuhkan waktu puluhan tahun untuk berkembang. Itu sebabnya kebanyakan orang didiagnosis dengan kanker adalah pada usia 65 tahun atau lebih. Sementara itu kanker lebih sering terjadi pada orang dewasa yang lebih tua, tetapi kanker tidak eksklusif pada penyakit orang dewasa saja kanker juga dapat didiagnosis pada usia berapa pun.

Kebiasaan Anda
Pilihan gaya hidup tertentu diketahui meningkatkan risiko kanker. Merokok, minum alkhohol lebih dari satu gelas sehari (untuk perempuan dari segala usia dan orang tua dari usia 65) atau dua gelas sehari (untuk pria usia 65 dan lebih muda), paparan berlebihan terhadap sinar matahari atau sering terkena terik sunburns, mengalami obesitas, dan berhubungan seks yang tidak aman dapat berkontribusi tinggi untuk menyebabkan kanker.
Sebaiknya Anda mengubah kebiasaan tersebut untuk menurunkan risiko kanker.

Warisan keluarga Anda
Hanya sebagian kecil penyakit kanker disebabkan keturunan atau warisan. Jika kanker memang umum di derita dalam keluarga Anda, mungkin saja mutasi yang diwariskan dari satu generasi ke generasi berikutnya. Anda mungkin menjadi kandidat berikutnya untuk pengujian genetik agar dapat melihat apakah Anda telah mewarisi mutasi yang mungkin meningkatkan risiko kanker tertentu. Perlu diingat bahwa memiliki mutasi genetik yang diturunkan tidak selalu berarti Anda akan mengidap kanker.

Kondisi kesehatan Anda
Beberapa kondisi kesehatan kronis, seperti ulcerative colitis dapat meningkatkan risiko mengembangkan kanker tertentu. Cek-up ke dokter bila hal ini terjadi.

Lingkungan Anda
Lingkungan di sekitar Anda mungkin mengandung bahan kimia berbahaya yang dapat meningkatkan risiko kanker. Bahkan jika Anda tidak merokok, Anda bisa menghirup asap rokok (peroko pasif) jika Anda berada di mana ada orang merokok atau Anda hidup dengan seseorang yang merokok. Bahan kimia di rumah atau tempat kerja, seperti asbes dan benzena, juga bisa  meningkatkan risiko kanker.



Bagikan

Update Terkait

Copyright © | SolusiSpermaEncer.com | pemesananherbal123@gmail.com

Daftar Rekening

  • transfer BCA rumahherbal 123 No.Rek 2471767371 atas nama MUSYAFAK
  • transfer Mandiri rumahherbal 123 No.Rek 900-00-2844212-8 atas nama MUSYAFAK
  • transfer BNI rumahherbal 123 No.Rek 0379155545 atas nama MUSYAFAK
  • transfer BRI rumahherbal 123 No.Rek 5896-01-001373-50-9 atas nama MUSYAFAK